Apa yang sudah sedang dibayangkan empat pemuda asal Saint Petersburg Rusia: Coal (vocal), Santa (bass), Charlie (drum) dan Demian (gitar) ketika hendak memberi nama untuk grup band mereka, sehingga mereka harus menamai grup bandnya dengan nama INDONESIA. Sampai saat ini belum terdengar kabar – sekurang-kurangnya di telinga kita orang Indonesia – perihal apa latar belakangnya.

Dugaan saya, bukan karena karakteristik, warna dan atau aliran music di Indonesia yang membuat keempatnya memilih nama INDONESIA untuk grup band mereka. Rupa-rupanya, sebatas dan sekedar nama, karena INDONESIA band yang dibentuk pada 2007 itu beraliran rock yang kental.

Keempatnya mengaku terinspirasi, maaf bukan dari tanah melayu-Indonesia, karena keroncong dan apalagi dangdut-nya, tetapi dari banyak kelompok musik barat dan Amerika seperti Led Zeppelin, AC/DC, Nirvana, Dream Theater, Deftones, Porcupine Tree, The Used, Glassjaw, Refused, hingga My Chemical Romance dan masih banyak lagi.

Apa arti sebuah nama. Jawabannya tentu saja ada makna dibalik nama dan penyebutannya. Jika bukan tentang kristalisasi atas kenangan dan atau nostalgia, maka sudah barang tenu tentang harapan dan cita-cita.

Ini salah satu Clip-nya

Indonesia Band
– Watch more Videos at Vodpod.

Sumber utama:

Websitenya: http://indonesia.im/ Myspace link:  http://www.myspace.com/indonesiaband

Baca juga di sini:

http://foto.vivanews.com/read/3326/52027-band-rusia-bernama–indonesia-

http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/01/ada-grup-band-asal-rusia-bernama.html

http://music.okezone.com/read/2011/04/20/386/448139/band-asal-rusia-pakai-nama-indonesia-dan-sumatra

http://indonews.org/band-asal-rusia-pakai-nama-indonesia-dan-sumatra/