bolo lobo 5

“…Padahal Bolo Lobo hanya sekumpulan teman
yang memiliki minat yang sama. Itu saja”

Marta Muslin Tulis

Bolo Lobo adalah sebuah komunitas dengan banyak penamaan dan cerita. Ada cerita tentang buah tomat, abang tukang bakso, burung kakak tua, burung adik muda, panggung, diskon tiga puluh persen dan tem sanggup, kartu pos, diskusi, debat, tali gitar, rebana, harmonica, cat, nada, suara, kanvas, hukum, goyang ijek, kopi, baju, puisi, sampah, teater, selfie, instalasi, foto, video, rambut kriwil, jalan-jalan, hijab dan seterusnya sampai oh my God, itu tendensius men.

Memang, walau sudah setahun bergabung, saya pribadi, jujur saja, tak jua mudah merangkai ragam penamaan itu dalam satu kata. Jika ada, izinkan saya menyebutnya sebagai simbol sekaligus tanda.

bolo lobo community

Ya, Komunitas Bolo Lobo adalah sebuah simbol dan tanda sekaligus. Sebagai sebuah simbol, tidak dapat dielak jika ada yang akan mengatakan Komunitas Bolo Lobo itu sebagai sebuah bola liar yang sudah sedang menggelinding menuju gawang. Yang lain mengatakan tidak tahu apakah sekumpulan orang muda atau setumpuk imaji, karena terlalu banyak warna di dalamnya. Sebagian yang lainnya, boleh jadi akan mengatakan Bolo Lobo adalah tanda akan anda jika anda mau menjadi diri anda sendiri sebagai tanda.

Bolo Lobo…didirikan di atas persahabatan, dibesarkan dengan persahabatan, dan terus berjalan dalam persahabatan. Tidak ada Ketua atau pemimpin, semua orang adalah pemimpin atas diri dan bakatnya. Sahabat-sahabatnya berada di sekelilingnya, kadang menarik, mendorong, kadang harus menampar wajahnya kalau dia terlalu larut dalam mimpi, tapi lupa bangun dan meraih mimpi. Ya, sebuah gurita, Octopus, adalah lambang persahabatan ini….complexity, diversity, variability, intelegence, insight, vision, mystery and illusion adalah symbolic meaning of octopus.
Persis seperti Gurita, 1 kepala dengan banyak tentakel, latar belakang anggotanya berbeda-beda, baik itu latar belakang pendidikan dan pekerjaan, mulai dari birokrat, pengusaha dan penganggur semua berdiri sejajar dengan keahlian masing-masing jika diperlukan.

Sudah jauh berjalan dengan cukup banyak hal yang sudah dikerjakan, menyita banyak waktu, pikiran dan materi, tapi semua tetap teguh dengan prinsip, jika kau melakukan sesuatu yang kau cintai, maka kau tidak sedang bekerja…..

Admin Group FB Bolo Lobo-Labuan Bajo, Augustus 2015

logo komunitas bolo lobo

Namun dari sekian banyak cerita, penamaan yang semuanya adalah simbol, sebenarnya komunitas Bolo Lobo memiliki beberapa ikatan yang pasti. Yakni pertama, dilahirkan di kamar WC Kampung Ajung pada 7 Juni 2014. Kedua, diperjumpakan secara berterus-terus-terus di Teras Pengadilan dan ketiga, selalu mau dibesarkan di atas Natas Labar. Itu saja tidak lebih. Selanjutnya, pada halaman yang lain akan diuraikan secara kurang lebih detail.

Bolo dan Lobo … disini kita belajar berbagi,
bertumbuh dan berkembang. Kita muda, beda dan berbahaya….
jaga alam, budaya dan damai dgn kreativitas. Salam bolo untuk lobo….
Rino Valentino

 logo bolo lobo