“Jika saya memenangkan kejuaraan Eropa, hal pertama yang akan saya lakukan adalah mencari anda dan memberikan anda sebuah ciuman,” demikian  janji Iker Casillas, yang juga kapten kesebelasan Spanyol kepada reporter Jose Ramon De la Morena yang menanyakan perihal akan terulang kembali atau tidak peristiwa ciuman Iker kepada kekasihnya yang juga seorang reporter televisi olahraga Sara Carbonero pada 2010 ketika Spanyol meraih trophy piala dunia di Afrika Selatan. Apa jawaban Ramon De la Morena atas janji Casillas? Jawabannya menggemaskan “Anda harus melihat apakah anda dapat menangkap saya”.

 Sambil menunggu, apakah janji itu ditepati. (Dan itu terjadi jika dan hanya jika Spanyol mempertahankan gelar sepak bola bergensi daratan benua biru pada 2008 itu. Namun jika tidak, De la Morena akan mencibir “dan engkau (Casillas) tidak dapat menangkap saya”). Lantaran sambil menunggu kisah itu terjadi, mengisi ruang inspirasi kita dengan sengaja saya mempblikasikan sederetan foto aksi ciuman para supporter kesebelasan sepak bola yang berlaga pada Euro 2012. Foto ini saya ambil dari galeri foto catatanbola.com.

Dengan sengaja foto-foto ini diangkat untuk menunjukkan kepada kita perihal euphoria riang. Bahwa sepak bola sebagai ajang olahraga termegah sejagad menjunjung tinggi sportifitas yang ditampil-tunjukkan dalam dan melalui kegembiraan cinta. Terlepas dari kekalahan dan kemenangan yang dilalui dan diperjuangkan, perjumpaan rasa, solidaritas dan cinta kasih adalah yang pertama dan utama.

Saya menduga, apa yang dijanjikan Casillas kepada De la Morena dan selanjutnya jawaban De la Morena atas permintaan Casillas adalah sebuah lelucon. Jauh di balik maksud yang sesungguhnya, yang sudah sedang ditampilkan adalah kegembiraan dan kebersamaan. Bahwa sepak bola adalah medium terakbar untuk semua perjumpaan yang mendamaikan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.