Acara diskusi buku Irshad Manji di Yayasan LkiS Pusat Kajian Islam dan Transformasi Sosial, Surowajan, Banguntapan, Bantul dibubarkan paksa oleh sekelompok massa dari Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Rabu (09/5/2012. Alasan pembubaran tersebut lantaran apa yang sudah sedang ‘disebarluaskan’ Irshad Manji bertentangan dengan ajaran agama Islam. Tambahan pula, perempuan cantik pernah mengaku bahwa dia adalah seorang lesbian. Di bawah ini, sekelumit siapa Irshad Manji dan isi bukunya yang bikin geger “Beriman Tanpa Rasa Takut: Tantangan Umat Islam Saat Ini (Faith Without Fear: A Challenge to Islam Today)

Siapakah Irshad Manji

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

IRSHAD MANJI diberi julukan “Mimpi Terburuk bagi Osama bin Laden”. Dan dia menerima hal itu sebagai pujian. Buku bestseller dia, Beriman Tanpa Rasa Takut, diterbitkan di beberapa negara, antara lain: Pakistan, Turki, Irak, dan India. Di mana pun bukunya dilarang, Irshad masih bisa menyapa para pembaca dengan mengirimkan terjemahan-terjemahan yang bisa diakses secara gratis di website-nya.

Kolom-kolomnya didistribusikan ke seluruh dunia oleh Sindikat New York Times dan dia tengah memproduksi sebuah film dokumenter yang didasarkan pada buku ini. Irshad adalah seorang mentor bagi para mahasiswa muda, spesialisasinya dalam bidang hak asasi manusia dan kebijakan publik, pada the Pierre Trudeau Foundation di Montreal, Kanada.

Dia juga duduk di dewan editorial antar-iman pada majalah Seventeen, yang bermarkas di New York. Selain itu, dia merintis berdirinya Project Ijtihad, sebuah lembaga yang akan membantu para muslim muda untuk memimpin reformasi liberal Islam. Melihat kepemimpinan dan prestasi Irshad, Oprah Winfrey menghargainya dengan Chutzpah Award atas “keberanian, tekad, ketegasan, dan keyakinannya”.  Majalah Ms. menabalkan Irshad sebagai “Feminis Abad 21”. Maclean’s memberinya penghargaan Honor Roll di tahun 2004 sebagai “Orang Kanada yang Sangat Berpengaruh”.

Dan pada Hari Perempuan Internasional tahun 2005, The Jakarta Post mengakui Irshad sebagai satu dari tiga muslimah yang mampu menciptakan perubahan positif dalam Islam. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi website Irshad Manji: www.irshadmanji.com. Satu dari tiga muslimah dunia yang menciptakan perubahan positif dalam Islam.

Dan Bukunya Yang Menggemparkan

Sumber catatan/buku/gambar : https://www.irshadmanji.com/